PMN Share Tips Sukses Kerja Tim di Kantor

Ilustrasi. (Foto: Koran SI)
Ilustrasi. (Foto: Koran SI)
PMN Share - Dalam dunia kerja, kesuksesan atas tujuan perusahaan tidak selamanya bergantung pada kerja individual. Untuk mencapai beberapa tujuan tertentu, kita pun dituntut untuk bekerja sebagai sebuah tim dengan rekan kerja maupun atasan.

Sebagai anak baru, kita pun tidak terlepas dari peran tersebut. Selain menampilkan segenap kemampuan diri, kita harus mampu berperan dan menjalankan kewajiban sebagai anggota tim dalam melaksanakan tugas.

Nah, untuk dapat sukses dalam sebuah kerja tim, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut poin penting tersebut, seperti dikutip dari 13 Jurus Jitu Sukses di Dunia Kerja karangan Windya Novita, Kamis (20/12/2012). Check this out, guys.

Pahami job desk
Dalam sebuah tim, tentu setiap orang memiliki peran masing-masing. Maka, pahami benar apa peran yang Anda emban serta tanggung jawab yang berada di balik peran tersebut. Pastikan Anda melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab tersebut dengan benar sesuai dengan tujuan bersama yang telah ditetapkan tim.

Jalin komunikasi efektifTercapainya tujuan bersama yang telah ditetapkan oleh tim tidak terlepas dari adanya komunikasi efektif antartiap anggota. Komunikasi efektif ini perlu dilakukan secara periodik dengan tujuan monitoring dan correcting. Fungsi monitoring dimaksudkan untuk mengontrol kemajuan tugas-tugas tiap anggota.

Sementara fungsi correcting bertujuan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang telah ditentukan. Dalam sebuah tim Project Officer (PO) bertugas menyinambungkan efektivitas kerja tim tersebut. Namun perlu diingat, komunikasi yang terjalin dalam sebuah tim bukan lah satu arah dari pimpinan ke anggota melainkan komunikasi dua arah di mana para anggota dapat menyalurkan ide demi kesuksesan bersama.

Power sharing
Dalam tim, sebaiknya ada pembagian kekuasaan. Jadi, tidak ada anggota tim yang terlalu dominan maupun terlalu pasif. Setiap anggota tim perlu diberikan kesempatan untuk menjadi "pemimpin", menunjukkan "kekuasaannya" di bidang yang menjadi keahlian dan tanggung jawab masing-masing. Sehingga mereka merasa ikut bertanggung jawab untuk tercapainya tujuan bersama.

Tunjukkan keahlian
Perbedaan keahlian yang dimiliki masing-masing anggota dalam tim akan saling menunjang dalam mencapai tujuan. Tidak hanya itu, perbedaan keahlian yang dimiliki justru akan memperluas perspektif dan memperkaya keahlian setiap anggota.

Apresiasi
Berikan apresiasi kepada anggota yang memberikan kontribusi positif dalam usaha meraih tujuan bersama yang telah ditentukan tim. Apresiasi tidak perlu berupa uang melainkan lewat sebuah pujian tulus. Hal ini menunjukkan kita menghargai kerja keras yang telah dilakukannya. Dengan demikian dapat memacu sang anggota untuk terus berprestasi.

Sikap dan pemikiran positifPerbedaan di antara tiap anggota pun kerap kali berujung konflik. Namun, berbagai kendala yang menghadang janganlah dihindari. Hadapi kesulitan tersebut sebagai sebuah tantangan dengan cara-cara yang positif.

Resolusi konflikKonflik tidak selamanya negatif. Lewat konflik, tanpa disadari kita pun memiliki perspektif berbeda mengenai suatu masalah dan melahirkan cara, inovasi, maupun perubahan baru yang memang diperlukan untuk mencapai tujuan. Kuncinya, jangan pernah mendiamkan atau mengabaikan sebuah konflik kecil. Sebab, konflik seperti kanker dapat menyebar dengan cepat tanpa disadari hingga akhirnya meruntuhkan tim tersebut.

EvaluasiEvaluasi penting dilakukan secara berkala untuk melihat kinerja masing-masing anggota maupun kinerja tim secara menyeluruh. Melihat sejauh mana kemajuan kerja tim dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan.(mrg)

0 komentar:

Posting Komentar